Konsep blue-screen yang dahsyat

Karya Paling Brilian: Klip Astuti Dari Masca2

Inilah dia band dengan video yang berhasil membuat SM*SH terlihat bagaikan supergrup paling keren di dunia dan Kangen Band menjadi legenda yang patut disejajarkan dengan The Rolling Stones. Tanggal 14 April lalu mereka sukses menggemparkan jagad Twitter Indonesia karena video “Astuti”, sebuah lagu yang dipopulerkan oleh almarhum Gito Rollies. Masca2 membawakan ulang lagu tersebut dengan aransemen ‘rock’ versi mereka dan video klip yang sangat ‘cadas’. Rasanya seperti mencampurkan VCD dangdut kaki lima, VCD kompilasi rock produksi Log Zhelebour, VCD Senam SKJ dan sebotol tuak terminal lalu diblender sampai halus.

Dari segi visual, video klip ini memang tampak berada dalam masalah besar. Konsep videonya tidak jelas, menampilkan para anggota band yang sedang perform dengan diselingi sekelompok wanita yang lenggak-lenggok, adegan sulap ala Uya Kuya, suasana bar/bilyar campursari tongkrongan para preman terminal dan efek lampu disko khas Farid Hardja yang sangat epic. Siapapun orang yang bertanggungjawab atas konsep video klip ini, pastilah dia sangat jenius! Sialnya, kadang batasan antara jenius dan idiot itu sangat tipis.

Kemegahan video ini mengingatkan pada video klip “Next Girl” milik The Black Keys yang merupakan salah satu band favorit saya. Pada “Next Girl”, layar diisi oleh sebuah boneka T-Rex yang ber-lipsync ria sambil dikelilingi sekelompok wanita berbikini. Video yang sangat tolol, tapi terus menempel di kepala. Sama halnya dengan video “Astuti” milik Masca2 ini. It’s fuckin’ viral! Bahkan sampai sekarang saya belum bisa menghilangkan kata-kata “Astutiii! Tutii Tutaaay!!” dari otak saya. Sialan.

Di Youtube dan Twitter, saya juga membaca banyak yang mengomentari tampang para personilnya yang pas-pasan. Saya kurang setuju dengan yang ini. Sebenarnya kalau kita bicara tentang musik, tampang yang pas-pasan atau buruk rupa sekalipun sah-sah saja bila ditunjang dengan karya yang bagus. Contoh paling nyata bisa dilihat pada sosok Sandhy Sondoro. Dia adalah bukti nyata bahwa tampang yang pas-pasan akan terlihat keren bila ditunjang oleh karya -dan tentunya fashion- yang berkualitas. Dalam kasus Masca2? Silahkan anda nilai sendiri.

Dosa terbesar yang dilakukan Masca2 terhadap telinga saya adalah sound yang butek dan suara vokal yang sangat datar dan apa adanya. Ya, vokalnya terdengar seperti bapak-bapak setengah baya sedang bernyanyi di karaoke remang-remang pinggir kota sambil menikmati remasan sang escort lady pada daerah selangkangannya. Datar? Ya. Cempreng? Tentunya.

Mendengar suara vokalnya saja pun saya sudah malas sebenarnya. Tapi karena ditunjang oleh video klip yang maha dahsyat, saya berhasil terhipnotis sampai memutar videonya berulang-ulang. Bahkan bisa memacu saya untuk membuat tulisan ini. Benar-benar sebuah viral video yang hebat.

Dan yang paling parah adalah, saya tiba-tiba jadi berpikir untuk mengaktifkan RBT-nya. Ya Tuhan, tolong jangan biarkan saya…

Enjoy the screenshot, doods. Kalau berkenan, silakan nonton videonya disini

Konsep blue-screen yang maha dahsyat
Saya bingung apakah itu tompel atau tattoo
Metaaal!!

13 thoughts on “Karya Paling Brilian: Klip Astuti Dari Masca2

  1. Sebenernya bagus bang toro., (“Astutiii! Tutii Tutaaay!!” *didalam kepala) saya juga melihat potensi yang sangat besar dari mereka untuk menjadi bintang (“Astutiii! Tutii Tutaaay!!” *didalam kepala), pada saat ini sangat tinggi minat masyarakat dengan sebuah ketenaran yang instant (“Astutiii! Tutii Tutaaay!!” *didalam kepala).
    Klo memang ada kemauan mereka yang besar untuk menjadi Idola seminggu pasti bisa tercapai (“Astutiii! Tutii Tutaaay!!” *didalam kepala).. (“Astutiii! Tutii Tutaaay!!” *didalam kepala)..PRAKKKK!! (Pecah kepala)

  2. ane ga habis pikir band begini bisa masuk dapur industri musik -.-
    cuma bisa ngakak aja deh om..
    gila bener ulasannya wkwkwkwkwkakkakakkakwkwwkkw

  3. wkwkwkkwwk ngakak abis gue udah video klip nya bikin gw kaku… terus di tambah ama resensi elo gan wkwkkwkwk sakit perut gw ngakak mulu asli, bisa aja lo gan ngomentarin nya wkwkwkwk pake bahasa intelek yg bener” pengen ngomentarin musik sama video klip dari band ternama hahhahahhahahaa

    1. ahahaha… sesaat setelah nonton Vidclip (Astuti.. Tuti Tutaayyy..!!!) yang terlintas dipikiran gue.. perasaan udah abad 21, kenapa vidclip kaya tahun ’80an yaa..

      mereka udah menghancurkan karya The Rollies.. ditambah penampilan vocalist yang sangat tidak mencerminkan sang rocker (rambut belah samping tertata rapih bak pegawai PNS), drummer berkerudung namun berjiwa metal diiringi skill yg pas2an, duo vocal yang sok growl dan ditambah pake rap segala..

      Yaahh.. yang sabar yaa Masca2, harap dipikir2 dulu sebelum bermusik. jangan pengen tenar dgn cara instant.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s