Tips Sukses Melamar Kerja: Escape The Ordinary

Apa yang anda lakukan waktu mengirim aplikasi lamaran kerja? Biasanya, aplikasi lamaran yang dikirim berupa amplop coklat standar dengan isi yang tidak kalah standar. Fotokopi kartu identitas, selembar surat lamaran, selembar curriculum vitae, ditambah lampiran fotokopi ijazah terakhir dan beberapa sertifikat seminar atau sejenisnya. Amplop tersebut harus bersaing dengan puluhan, bahkan ratusan amplop lainnya yang kurang lebih sama hanya untuk dibaca oleh pihak pencari kerja.

image source: http://penghasilan.blog.com

Ya, hanya dibaca. Belum diseleksi. Bahkan kita butuh keberuntungan agar aplikasi yang kita kirimkan dibaca oleh pihak HRD perusahaan, mengingat HRD tersebut juga manusia yang punya keterbatasan tenaga dan waktu. Belum lagi ditambah beban pekerjaan lain yang harus diselesaikan. Bayangkan kalau kita menjadi seorang HRD yang hanya mencari satu atau dua orang, sementara aplikasi yang masuk mencapai 100 buah. What would you do? Makanya, agak sulit membayangkan staff HRD tersebut akan membaca seluruh aplikasi yang mampir ke mejanya.

Sedikit berbagi pengalaman saja, kantor saya beberapa kali sempat membuka lowongan untuk beberapa posisi dan aplikasi yang masuk cukup banyak. Waktu seluruh aplikasi itu ditumpuk, tingginya melebihi tinggi monitor komputer yang terdapat di meja. Hanya melihatnya pun saya sudah malas. Apalagi, semua aplikasi itu berwarna sama: Coklat.

Untuk anda yang mau melamar kerja, berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba agar aplikasi yang anda kirim tidak sia-sia.

Buat Tampilan Yang Eye Catching

Membuat aplikasi yang unik dan berbeda jadi salah satu cara yang dapat dilakukan. Dengan begini aplikasi kita akan terlihat menonjol diantara tumpukan aplikasi yang lain. Secara psikologis, ini sangat berpengaruh. Secara tidak sadar, orang akan tertarik dan penasaran saat melihat sesuatu yang berbeda. Minimal, aplikasi yang kita kirim pasti akan dibaca.

Find Out How To Sell Yourself

Inti dari aplikasi lamaran adalah tentang menjual diri kita, agar perusahaan tersebut tertarik dan mempekerjakan kita. Maka berusahalah menonjolkan semua nilai lebih yang kita punya kedalam lembar CV dan surat lamaran. Tentunya informasi yang kita masukkan ke dalam CV harus jujur dan dapat dipertanggungjawabkan, supaya tidak malah menjadi bumerang nantinya.

Make It Exclusive

Buat aplikasi lamaran yang sifatnya personal dan terkesan hanya ditujukan untuk satu perusahaan saja. Jangan sampai aplikasi kita terlihat seperti template yang dikirim untuk banyak perusahaan. Ini penting, supaya kita terlihat benar-benar berniat untuk melamar ke perusahaan tersebut.

Don’t Make Any Single Mistake

Aplikasi lamaran harus dibuat sesempurna mungkin. Jangan sampai ada salah ketik atau struktur kalimat yang tidak enak dibaca. Salah ketik pada aplikasi lamaran akan langsung memberi kesan bahwa kita adalah orang yang ceroboh dan tidak teliti. You don’t want that to happen, don’t you?

Don’t Forget Your Portfolio

Ada baiknya kita menyertakan portfolio didalam aplikasi yang kita kirim. Terutama untuk posisi yang berkaitan dengan bidang kreatif seperti desainer, programmer, fotografer atau penulis.

Silakan dicoba, dan semoga bermanfaat! Cheers!

5 thoughts on “Tips Sukses Melamar Kerja: Escape The Ordinary

    1. Iya, makanya suka kasihan kalau lihat yang ngirim lamaran kerja banyak2, terus isinya sama semua..
      Udah kayak memancing di air keruh aja, untung2an… hehe..
      Sebenarnya tergantung jenis perusahaannya juga kan, ada juga yang memang harus terlihat resmi..
      Cuma, resmi kan tidak selalu harus berwarna coklat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s