Rosemary: Bukan Mengekor NOFX

Rosemary, di gudang Heaven Skateshop

Seri postingan ini diambil dari arsip tulisan yang saya buat untuk Grey Magazine, edisi November 2009. Edisi tersebut membahas tentang band-band yang sedang merajai scene musik lokal di Bandung ketika itu. Enjoy!

Text & Pic by Agung “Torro” Trianto


““Mungkin karena di Indonesia band punk yang sering memakai terompet itu paling dikenalnya NOFX. Padahal di luar negeri sendiri banyak band-band yang seperti itu seperti Save Ferris, Less Than Jake atau Dropkick Murphy’s,” ujar mereka. “Tapi kalau ada orang yang menyebut kita mirip NOFX juga it’s ok,” kata I’ink.”

Indra Gatot, vokalis sekaligus gitaris Rosemary baru saja menyandang status baru sebagai seorang ayah. Tanggal 17 September lalu, putra pertamanya yang dinamai Sabbian Raindra Putra lahir ke dunia dengan berat 3,2 kg.  Karena harus siaga untuk menunggui kelahiran putra pertamanya yang ia juluki “little mohawk” itu pula Gatot tidak bisa hadir saat Rosemary tampil live di sebuah stasiun tv lokal di Bandung. Show di tv itu banyak diprotes oleh penggemar dan teman-teman mereka, karena Rosemary tidak tampil maksimal. Selain karena ketidakhadiran Gatot, sound yang keluar juga tidak bisa dibilang bagus. “Waktu itu sebenarnya dari pihak kita minta set untuk bermain akustik. Tapi begitu kita sampai disana, ternyata alat-alatnya sudah di-set untuk tampil dengan konsep full band,” tutur Ahonk, sang drummer, menjelaskan permasalahan yang sebenarnya. “Kita waktu itu capek banget juga, sorenya baru beres manggung di roadshow, malamnya langsung datang ke stasiun tv tersebut. Begitu tahu konsepnya ngga seperti yang kita minta, kita ngga bisa ngebatalin perform juga karena dari pihak manajemen udah sign kontrak. Ya udah akhirnya kita tetap main,” ungkap Fajar, sang pembetot bass. Mereka akhirnya bermain seadanya bersama Gania, vokalis wanita yang mereka ajak featuring untuk single terbaru mereka “Riot Grrrl”. Single terbaru Rosemary itu rencananya akan disebarkan gratis melalui Myspace dan website mereka. “Single ini adalah hadiah dari Rosemary untuk semua,” ucap I’ink.

“Waktu perform itu ponsel gue kan mati. Begitu selesai perform, ternyata banyak banget sms yang masuk dan isinya rata-rata komplain tentang performance-nya si Rosemary. Gue langsung liatin aja sms-smsnya ke produser acaranya,” ungkap Ahonk lagi. Hal yang sama juga diungkapkan oleh personil yang lain. “Waktu beres acaranya juga banyak yang nelepon dan bilang ‘Naha si Rosemary maenna bisa kitu?’. Kebanyakan temen gue pada protes,” ujar Gatot. Show di TV tersebut mereka jadikan sebagai sebuah pengalaman berharga. “Kalau kita sih yang penting bisa menghibur aja. Mau bagus atau jelek, yang penting enjoy,” tegas mereka. Mereka juga tidak menyalahkan pihak stasiun tv tersebut karena masalah tersebut lebih disebabkan karena adanya miskomunikasi antara pihak mereka dan pihak stasiun tv.

Rosemary sendiri adalah sebuah band punk yang didirikan oleh Indra Gatot pada tahun 1997. Selain Gatot, dalam line up pertama Rosemary tercatat juga nama Arie, sekarang vokalis Disconnected dan Sofi, sekarang personil Jolly Jumper. Setelah sempat berpartisipasi dalam kompilasi “Ticket To Ride” yang bertujuan mencari dana untuk membangun skatepark di Bandung pada tahun 1999, Rosemary mengalami kevakuman karena Gatot sibuk bertanding di kompetisi-kompetisi skateboard di berbagai kota. Tahun 2002, Gatot memutuskan untuk membangun kembali Rosemary dan mengajak Fajar (bass) dan Imam (drum). Tahun 2004, Imam mengundurkan diri dari band dan digantikan oleh Ahonk. Tak lama kemudian I’ink masuk dan line up Rosemary pun menjadi seperti yang kita kenal sekarang yaitu Indra Gatot (gitar/vocal), I’ink (gitar/vocal), Fajar (bass/backing vocal) dan Ahonk (drum).

Demo materi lagu untuk album pertama mereka sempat bocor sekitar tahun 2004. “Sebenarnya bukan bocor juga. Cuma waktu itu kopian CD masternya hilang. Entah CD itu ada yang nemuin terus nyebarin atau gimana, kami juga ngga tahu,” ujar mereka. Bocornya materi tersebut bukan masalah besar bagi mereka, karena tidak semua lagu yang ada dalam demo tersebut dimasukkan ke self titled mini album mereka yang dirilis tahun 2006 silam. “Lagipula demo yang hilang itu masih mentah banget, belum mixing & mastering. Sound-nya masih flat,” kata Gatot.

Musik mereka yang sering disebut-sebut sebagai “skatepunk” terinspirasi dari band-band seperti NOFX, Lagwagon, dan Propagandhi. Karena ada beberapa lagu mereka yang memakai instrument terompet, banyak yang mengidentikkan mereka dengan NOFX, band punk asal Amerika Serikat yang juga sering memasukkan unsur reggae dan terompet kedalam lagu-lagunya. Mereka tidak membantah ketika ditanya soal ini. “Mungkin karena di Indonesia band punk yang sering memakai terompet itu paling dikenalnya NOFX. Padahal di luar negeri sendiri banyak band-band yang seperti itu seperti Save Ferris, Less Than Jake atau Dropkick Murphy’s,” ujar mereka. “Tapi kalau ada orang yang menyebut kita mirip NOFX juga it’s ok,” kata I’ink.

“Bisa dibilang kalau kita sudah menemukan benang merah musiknya Rosemary yang seperti ini, dan itu akan terus kita jaga,” ujar mereka. Itu termasuk juga lirik lagu Rosemary yang kebanyakan berbahasa Inggris. Menurut mereka, musik yang mereka mainkan memang lebih pas menggunakan lirik-lirik berbahasa Inggris. Enjoy!!

Diskografi:

Disorder of youth (compillation) 1999 revolution records

Ticket To Ride (compillation) 2000 spills records

Beyond good and evil (cd compillation) no label records

Rosemary – Self titled (2006)

Rosemary – Repackaged Album (2008)

Contact Person:
Billy – 08562014624

http://www.rosemaryskatepunk.com

http://www.myspace.com/myrosemary

4 thoughts on “Rosemary: Bukan Mengekor NOFX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s