Pahlawan Saya Adalah Tukang Sampah..

Salah satu alasan yang membuat saya tidak bekerja sebagai tukang sampah adalah karena saya tidak tahan dengan baunya. Selain itu, saya tak tahu pasti berapa pendapatan mereka per bulan, apakah besar atau kecil. Tapi saya tetap menyimpan respek besar terhadap bapak-bapak dekil dan kucel yang sehari-harinya kita sebut sebagai tukang sampah. Malah saya sampai berpikir kalau sebaiknya tukang sampah itu oleh pemerintah diberi seragam dan perumahan yang lebih bagus daripada polisi. Dalam kehidupan saya, manfaat tukang sampah jauh lebih terasa daripada manfaat polisi. Oops, melantur. Maaf.

Saya yakin masih banyak yang mencibir dan menganggap remeh profesi tukang sampah. Padahal, tugas mereka sangat mulia. Tanpa tukang sampah, mungkin kita harus berjalan sambil menutup hidung atau memakai topeng gas karena bau sampah yang menyengat dimana-mana.

Kasihan sekali nasib para tukang sampah. Waktu dia datang mengambil sampah, banyak yang memandang dengan hina. Banyak juga yang tidak mau dekat-dekat karena bau yang menempel di badannya. Tapi saat sampah di rumah mulai menumpuk dan berbau, yang punya rumah malah ribut dan marah-marah karena sampahnya tidak diambil.

Begitu si tukang sampah datang, mereka jarang sekali disambut atau disapa. Kebanyakan diawasi dari balik jendela karena dicurigai akan mengambil juga sendal pemilik rumah yang diparkir di teras. Oh ya, dan mereka juga jarang mendengar ucapan terima kasih.

source: https://i2.wp.com/ngadiyo.blog.uns.ac.id/files/2009/04/tukang-sampah1.jpg
There goes my hero walking on the street

Kalau tidak ada tukang sampah, saya harus membuang sendiri sampah saya ke TPS yang jaraknya lumayan jauh.

Tanpa tukang sampah, sampah di TPS akan menumpuk dan mengakibatkan rumah-rumah diserbu batalion lalat hijau yang numpang transit.

I need you. Janganlah punah, wahai tukang sampah..

Leave a Reply

