Tips Photoshop: Quick & Simple Sepia Retouch

Bosen majang foto yang biasa-biasa aja di FB? Dengan efek dibawah ini, kamu bisa nyulap foto-foto kamu yang standar dan flat jadi bernuansa jadul dan dramatis dalam waktu 10 menit aja. Ini dia nih caranya..

before & after

Ingat: Usahain pilih foto yang resolusi gambarnya gede, supaya ngga pecah waktu diedit, ok?

1.       Buka foto yang mau kamu edit. Terus masuk ke menu Layer > New Adjustment Layer > Levels. Set level tengahnya di angka 1,50.

1

2.       Pilih layer background. Masuk menu Layer > Duplicate Layer > klik OK. Terus rubah ‘blending mode’ layer baru itu ke mode ‘soft light’.

Sebelum

 

Sesudah

3.        Biar gambarnya lebih halus, kita bikin duplikat layer baru lagi. Masuk menu Layer > Duplicate Layer > OK, terus pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Setel radiusnya sekitar 6-7 pixel. Udah gitu, rubah ‘Opacity’ layernya jadi 50%.

di-blur dikit..

4.       Duplikat lagi layer background (Layer > Duplicate Layer > OK) dan atur posisinya di bawah layer “Levels”. Klik Filter > Other > High Pass, set radiusnya jadi 11 pixel. Udah gitu, rubah ‘blending mode’ layernya ke ‘soft light’. Ini gunanya biar gambar kamu tetap tajam.

filter high pass
hasilnya setelah di-blend

5.       Masuk ke menu Layer > New Fill Layer, terus pilih ‘Solid Color’. Di kolom paling bawah, masukin kode warna: fbd297. Rubah blending mode ke ‘color’ dan rubah ‘opacity’ jadi 50%.

ini warnanya
hasilnya setelah opacity dirubah

6.       Sentuhan terakhir, masuk ke menu Layer > New Fill Layer dan pilih ‘Curves’. Pilih gambar pipet yang warna hitam, terus klik lagi di area rambut yang paling gelap. Setelah itu, klik gambar pipet yang warna putih, lalu klik di area yang warnanya paling cerah, misalnya di leher. Beres deh.. Sekarang kamu tinggal bandingin hasilnya, sebelum dan sesudah diedit. Kalo mau dapet tone warna yang berbeda, kamu tinggal ganti “Color Fill”nya aja jadi warna yang kamu suka. Selamat mencoba ya.. good luck guys!

ganti
ganti lagi

Dan ini dia hasilnya…

Tadaaaa...

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s