Kaleum, aya lah keur roko-roko wae mah..

Saya paling malas kalau sudah mendengar kalimat yang jadi judul tulisan ini. Artinya: “Tenang, uang rokok sih pasti ada lah.”

Kalimat itu biasanya keluar dari mulut teman-teman saya, saat meminta bantuan saya untuk mengerjakan sesuatu. Entah itu membuat desain, mengedit foto, memotret, atau bantuan-bantuan lain yang sifatnya kecil sekalipun. Biasanya, saya tidak pernah menolak saat dimintai bantuan. Sesibuk apapun saya, kalau ada waktu luang saya pasti akan mengerjakannya. Hanya saja, kalau kalimat itu sudah keluar, saya pasti jadi malas setengah mati dan ogah-ogahan mengerjakannya.

image source: tobaccoworld.org
uang rokok?

Bukan, itu bukan karena saya money-oriented alias matre. Tanpa dibayar pun, saya rela dan bahkan sering mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran demi membantu orang lain.

Yang tidak saya suka itu adalah karena istilah ‘uang rokok’ itu sangat rancu. Tidak ada kepastian yang bisa dipegang disana. Kadang, jadinya malah over expectations. Misalnya berharap dapat sesuatu, ternyata hanya dapat ucapan ‘Thank You’.  Hasilnya? Tentu saja kecewa. Bukan karena tidak dapat (materi) apa-apa, tapi karena tidak diberitahu sejak awal. Kalau diberitahu sejak awal, pasti saya bisa mengerjakannya dengan tenang, tanpa takut kecewa.

Saya tipikal yang lebih suka transparan dan blak-blakan di awal. Kalau memang mau memberi uang, sebutkanlah berapa nominalnya. Kalau memang murni meminta bantuan dengan cuma-cuma, tidak bisa memberikan apa-apa, ya bilang saja. Toh itu tidak akan berpengaruh terhadap kesediaan saya untuk membantu. At least, saya merasa lebih nyaman dan tahu apa yang bisa saya harapkan dari situ. Friend is friend, and business is business. Selama ada kejelasan, pasti kedua pihak merasa nyaman dan tidak akan ada yang dikecewakan, right?

2 thoughts on “Kaleum, aya lah keur roko-roko wae mah..

Leave a Reply

